Tak Terbukti Terima Suap, Irwandi Yusuf Akan Bebas?

Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf berpeluang bebas dari kasus OTT suap DOKA 2018.

Dari semua saksi yang dihadirkan, tidak ada satupun yang memberatkan dirinya. Semua saksi mengaku tidak pernah dimintai uang oleh Irwandi, termasuk sejumlah kepala dinas yang menjadi saksi.

Diduga, nama Irwandi dicatut oleh TSB untuk mendapatkan fee proyek dari sejumlah pihak, termasuk dari Ahmadi, mantan Bupati Bener Meriah.

Informasi yang dihimpun oleh Harian Merdeka, Diduga TSB diam-diam mengatur proyek dilingkungan SKPA dengan memanfaatkan kedekatan dirinya dengan Irwandi.

Lantas siapa sebenarnya TSB? Irwandi Yusuf mengatakan TSB adalah mantan timsesnya saat pilkada 2012 dulu. Saat itu Irwandi kalah dan TSB pun menghilang.

Irwandi mengaku TSB tidak terlibat dalam timses pilkada 2017 lalu. TSB baru merapat setelah Irwandi terpilih sebagai gubernur.

Merapatnya TSB ke ring 1 Irwandi, juga membuat gerah para relawan yang telah lebih dahulu berjuang bersama Irwandi.

Relawan menyebut TSB sebagai “awak cok boh manok mirah”. Istilah untuk orang yang hanya mengambil manfaat tanpa lelah bekerja terlebih dahulu.

Lalu, bagaimana ceritanya Steffy Burase terseret dalam suap DOKA ini. Nah, Steffy Burase sebagai tenaga ahli Aceh Marathon, fokus untuk menyukseskan program yang sudah digarapnya secara professional ini.

TSB yang mengetahui status hubungan khusus Irwandi dan Steffy menjadikan momen ini untuk mendekati Steffy dan membantu event Aceh Marathon 2018.

Steffy Burase mengaku pernah dipinjamkan uang untuk kebutuhan Aceh Marathon oleh TSB. Namun Steffy sama sekali tidak tahu sumber dana TSB. Steffy berpikiran dana tersebut dari simpanan pribadi TSB.

Diduga, diam-diam TSB bermain proyek dengan alasan membantu Aceh Marathon. Hal ini tidak pernah dilaporkan kepada Irwandi. Sehingga Irwandi kaget saat di OTT oleh KPK.

Irwandi menegaskan tidak pernah memerintahkan siapapun untuk mengatur proyek dan menerima fee proyek.

Setelah sidang berulang kali di Tipikor Jakarta. Terbukti, tidak ada saksi yang memberatkan Irwandi Yusuf.

Irwandi juga bersaksi untuk Steffy Burase bahwa SB tidak terlibat apapun dalam suap DOKA 2018. Seperti dituliskan sebagai berikut.

” Ammar hari ini mendapat tugas berat dari BW. Yaitu tugas menulis tentang peran Steffy Burase dalam kasus yang menjerat BW. Berikut ini adalah penuturan apa adanya.

Steffy adalah KORBAN yang terseret ke dalam upaya kriminalisasi terhadap Gub Aceh. Steffy diangkat sebagai Ketua II merangkap tenaga ahli dalam struktur kepanitiaan Aceh Marathon 2018. Steffy bekerja bersama tim yang dibawanya dari Jakarta dan tim Aceh.

Dana untuk Ach marathon bersumber dari APBA, APBK Kota Sabang serta BPKS. Tetapi apa hendak dikata APBA pencairannya terlambat.

Terpaksalah kami mengorbankan duit sendiri hingga miliaran rupiah. Uang tabungan Steffy habis juga digunakan untuk itu. Demikian juga T. Saiful yang ikut membidani lahirnya Aceh Marathon dari awal. Dana tersebut tentu saja masuk ke Aceh Marathon via Steffy.

Diduga sebagian dana yang berasal dari T. Saiful sumbernya dari Bupati Bener Meriah. Ketika kemudian terungkap bahwa sebagian dana dari Bupati BM diduga uang suap.

Maka semua orng diperiksa, mulai dari BW sampai adjudannya, Bupati BM, T. Saiful. Steffy pun turut diperiksa dan kemudian ditetapkan sebagai saksi.

Aceh Marathon adalah program Pemda yang sah dan tdak ada permasalahan secara hukum. Dan belum ada dana Pemda (APBA) yang digunakan untuk Aceh Marathon.

Kasus ini dijadikan oleh pihak lain untuk mengkriminalkan tokoh GAM, dalam hal ini adalah Gub. Aceh. Ammar telah menulis panjang lebar sebelumnya.
I
Lalu dimanakah letak salah Steffy Burase? Tidak ada. Dia adalah termasuk korban. Kalau ada kesalahan tentulah Steffy sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Oleh karena itu, kami imbau agar masyarakat Aceh tidaklah melihat Steffy Burase sebagai orang yang membuat Aceh Marathon jadi bermasalah. Tidak ada alasan apapun untuk tidak menerima Steffy Burase di Aceh.

Masyarakat Aceh telah menerima dengan terbuka wisatawan mancanegara dari berbagai agama. Steffy Burase adalah muallaf yang sedang mencari ilmu dan saudara seiman di Aceh.

MARILAH BERBAIK SANGKA dalam semua urusan. Hindari fitnah dan ghibah. Mari selamatkan akhirat masing-masing kita.

Sumber: harianmerdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *