Masjid Peninggalan Masa Kerajaan Samudra Pasai Butuh Perhatian

Sebuah masjid tua di Gampong Dayah Seupeng, Kecamatan Geredong Pasee, Kabupaten Aceh Utara, butuh perhatian dan uluran tangan pemerintah. Masjid yang dibangun pada abad ke 18 itu terakhir digunakan warga untuk beribadah pada tahun 1990.

Keuchik Gampong Dayah Seupeng, Marzuki mengatakan, masjid tersebut merupakan salah satu rumah ibadah peninggalan masa kerajaan Samudra Pasai. Menurut sejarah masjid itu, pada masa dulu kerap dijadikan sebagai tempat ibadah dan juga pusat perkembangan ajaran tauhid.

“Masjid ini merupakan salah satu masjid peninggalan kerajaan Samudera Pasai, namun saat ini tidak lagi digunakan oleh masyarakat karena kondisinya yang butuh untuk direnovasi,” kata Keuchik.

Ia mengaku masjid tersebut juga pernah direnovasi semenjak tidak dipakai lagi, sementara anggaran untuk membangun dan memperbaiki kembali masjid itu bersumber dari swadaya masyarakat yang sukarela memberi.

“Direncanakan ke depan, jika masjid ini sudah selesai direnovasi, maka masyarakat akan menggunakannya kembali,” ungkap Keuchik.

Keuchik juga menyebutkan, selama ini belum ada perhatian khusus dari pemerintah daerah maupun pusat untuk masjid tersebut.

“Selaku kepala desa, saya berharap agar pemerintah mau membantu merenovasi masjid peninggalan kerajaan Samudera Pasai itu agar bisa dipakai kembali oleh masyarakat untuk beribadah,” ujarnya.

Sumber: Ajnn.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *