Aceh dan Turkey Menurut Ustadz Abdul Somad, Lc MA

Sejarah telah mencatat bahwa Aceh dan Turki memiliki hubungan khusus baik sebagai sesama komunitas Islam maupun politik pemerintahan. Kejayaan Aceh pada masa silam yang menjadi salah satu dari kerajaan terkuat di dunia juga tak terlepas dari peran kerajaan Turki yang pada saat itu merupakan pusat kekhalifaan umat Islam dari seluruh penjuru dunia.

Diawali dengan kisah ‘Lada Sicupak’ (Segenggam Lada), hubungan antara Aceh dan Turki memang terbilang unik. Lazimnya, pada masa silam, ketika dua kerajaan melakukan kerjasama diplomatis, akan ada pertukaran yang setimpal atau upeti yang dijadikan bahan pertimbangan suatu kebijakan kerajaan. Namun, perwakilan Aceh saat itu hanya mampu memberikan segenggam lada sebagai hadiah kepada Sultan Selim II, Putra Suaiman yang adil selaku raja Turki Utsmani saat itu yang naik tahta.

Diluar dugaan, Sultan Turki menanggap baik kunjungan resmi perwakilan Aceh pada saat itu, dan memutuskan untuk memberikan bantuan militer kepada rakyat Aceh, salah satunya adalah meriam besar yang pada abad ke-15 merupakan sebuah senjata perang tercanggih dizamannya. Sebagai bentuk simbolis sejarah, meriam itupun dikenal dengan sebutan ‘Meriam Lada Secupak’ yang didapatkan atas perjuangan rakyat Aceh dengan surat pengantar (sastra) dari Sultan Aceh sebelumnya.

Simak Video Ceramah Ustad Abdul Somad tentang Turki di bawah ini:

Sumber : Youtube

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *