Puluhan TKA Asal Cina Akhirnya Tinggalkan Aceh

Banda Aceh – Akhirnya sebanyak 51 orang pekerja asing asal Tiongkok yang diketahui bekerja di PT Shandong Licun Power Plant Technology di PT Lafarge Holcim Indonesia (LHI) meninggalkan Aceh melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Sabtu (19/1) sore tadi.

Kabid Pengawasan Ketenagakerjaan Disnaker Aceh, Putut Rananggono mengatakan, sebanyak 49 pekerja asing itu pergi ke Jakarta menggunakan penerbangan Lion Air.

“Sementara dua lainnya sudah duluan berangkat kemarin,” katanya.

Dijelaskannya, puluhan pekerja asing ini keluar dari Aceh karena tidak memiliki dokumen yang sah sesuai dokumen Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA). Bahkan, salah satu diantara mereka adalah pekerja ilegal yang sama sekali tak memiliki izin resmi masuk ke Aceh.

Baca Juga : “Dokumen Kerja Tak Sesuai, 51 TKA Asal China Diminta Keluar dari Aceh

“Dalam dokumen RPTKA, mereka pekerja untuk kontruksi tetapi di lapangan mereka bekerja sebagai produksi dan jasa yang tak sesuai dengan administrasi yang dimiliki,” ungkap Putut.

PT Shandong Licun Power Plant Technology, sambungnya, diketahui telah lama bekerja pada PT LHI sejak 2009 lalu.

“Perusahaan ini bekerja sejak lama, saat kita sidak ternyata ada TKA yang tak sesuai dengan dokumen, jadi kita paksa keluar dari Aceh,” tambahnya.

Artikel ini telah tayang di Penanegeri.com dengan judul Puluhan Pekerja Asing Akhirnya Tinggalkan Aceh Sore Tadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *