Viral! Beredar Video Pengibaran Bintang Bulan Gunakan Balon Udara, Diduga Lokasinya di Pidie

Sebuah cuplikan video berdurasi lebih dari 2 menit yang menampilkan pengibaran bendera bintang bulan dengan menggunakan balon udara di halaman facebook Acheh Sumatera Nasional Liberation Front (ASNLF) sejak pukul 02.00 WIB, Selasa (4/12/2018) dinihari.

Seseorang yang tidak ditampilkan wajahnya memegang balon udara bertuliskan ”SELAMAT MILAD KE-42 4 DESEMBER 1976-4 DESEMBER 2018 SALEUM MERDEHKA PRESIDIUM ASNLF”.

Pria tersebut lantas melepaskan bendera bintang bulan yang diikat pada sejumlah balon udara.

Aksi pelepasan bintan bulan berlatar areal persawahan dan kawasan tambak. Kabarnya, aksi itu terjadi di tiga kawasan perkampungan di Kabupaten Pidie.

Video tersebut juga diiringi musik dan lagu perjuangan merebut kemerdekaan.

Dikutip dari Acehsatu,com, Sumber anonim dari admin FB official ASNLF menyebutkan, pengibaran bendera itu di tiga lokasi pertama di Lamlo Kecamatan Sakti.

Lokasi kedua di pinggiran hutan dekat gunung wilayah Kecamatan Tiro, dan titik ketiga di pinggiran hutan Kecamatan Grong-Grong.

Video inipun menjadi viral dan banyak dibagikan di facebook.

Berikut alasan dari aktivis Presidium ASNLF mengibarkan bendera dengan balon udara:

Balon bisa bertahan beberapa hari dengan harapan angin barat bertiup ke arah barat. Sehingga berhembus ke arah Banda Aceh.

Masyarakat diharapkan agar mengabadikan penerbangan balon ini dengan dengan kamera dan ini sebagai bukti komitemen perjuangan dengan damai.

Inisiatif unik ini murni dilakukan atas kesadaran sendiri oleh aktivis ASNLF di Aceh.

Misi mengucapkan selamat milad deklarasi Aceh Merdeka ke 42 dengan mengudarakan bendera bulan bintang.

Ini adalah sebagai identitas perjuangan meskipun sudah ditandatangani dalam perjanjian damai Helsinki, ASNLF/AM tetap berkomitmen dengan perjuangannya.

Melepaskan kain ucapan selamat beserta bendera di udara dengan pertimbangan lama bertahan dan agar lebih selamat serta sulit di jangkau oleh tentara penjajah.

Seperti diketahui, setiap tanggal 4 Desember menjadi hari paling bersejarah bagi para mantan pejuang Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Pada tanggal tersebut setiap tahun diperingati sebagai hari kelahiran organisasi GAM yang diproklamirkan Dr Teungku Hasan Muhammad Di Tiro.

Deklarasi GAM itu diumumkan Hasan Tiro kepada dunia di Bukit Tjokkan, pada tanggal 4 Desember 1976.

Lihat videonya disini:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *