Aceh Bangun Mesjid Bambu di Lombok, Beginilah Kenampakan Desainnya

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah akan segera berkunjung ke Lombok Utara guna merealisasikan sumbangan rakyat Aceh bagi pembangunan kembali Mesjid An Nur yang rusak parah akibat gempa 7.0 skala richter (SR), Minggu, 5 Agustus 2018 lalu.

Peletakan batu pertama pembangunan Masjid An Nur baru di Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), akan dilangsungkan tanggal 27 Oktober 2018.

Aceh bangun masjid di Lombok

“Insya Allah tanggal 27 Oktober nanti kita lakukan peletakan batu pertama di lokasi pembangunan kembali Mesjid An Nur, ” kata Nova, Sabtu (20/10).

“Masjid Annur dibangun kembali oleh pemerintah dan masyarakat Aceh ini telah dirancang anti gempa. Peletakkan batu pertama dilakukan sendiri Plt Gubernur Nova Iriansyah pada tanggal 27 Oktober 2018,” ujarnya.

“Masjidnya terinspirasi Bale Lumbung yang banyak terdapat di desa-desa yang ada di Lombok.

Hasil gambar untuk aceh bangun masjid bambu dilombok

Tetapi di bagian atas bangunan masjid tersebut, lanjutnya, terbuat dari anyaman bambu agar menjadi alternatif pilihan, mengingat provinsi ini sering terjadi gempa.?

“Kita padukan desain etnik masyarakat setempat dan dilengkapi ornamen Aceh yang dirancang oleh arsitek Dr Ing Andry Widyowijatnoko, ST, MT yang merupakan dosen Institut Teknologi Bandung,” katanya.

Disebutkan, Masjid Bambu yang akan dibangun kembali di atas lahan (tanah) 400 meter berukuran 14 m x 14 didesain oleh Dr Ir Andry dari ITB serta dibangun dengan nilai 1,2 miliar dari sumbangan masyarakat, pemerintah dan berbagai pihak dari Aceh.

Hasil gambar untuk aceh bangun masjid bambu dilombok

Puluhan warga di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, dilaporkan terpaksa menjalani shalat Jumat di pengungsian pascagempa tektonik berkekuatan 7 skala Richter (SR) yang merusak sejumlah rumah ibadah di wilayah setempat.

Mereka tidak bisa lagi menggunakan Masjid Annur yang sudah rusak parah atau nyaris ambruk. Merekapun memanfaatkan tempat wudhu sementara untuk persiapan menjalankan ibadah tersebut.

Hasil gambar untuk puluhan masyarakat lombok sholat jumat di pengungsian

“Allah SWT itu sayang kepada kita, hingga memberikan cobaan kepada kita,” papar Khatib shalat tersebut, Pratu Muhammad Alfian Rezatana, personel Korps Pasukan Khusus Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

“Ini shalat Jumat pertama bagi saya di pengungsian,” tutur Khaerul, siswa kelas 7 SMPN 1 Gangga.

Kabupaten Lombok Utara paling parah terdampak gempa 7 skala Richter (SR) mengguncang wilayah Lombok di Nusa Tenggara Barat, Ahad (5/8), menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Hasil gambar untuk puluhan masyarakat lombok sholat jumat di pengungsian

“Dampak terparah memang di Lombok Utara karena episentrumnya ada di sana. Skala yang dirasakan lebih dari 7 MMI (Modified Mercalli Intensity),” jelas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *