Wisata Pulau Banyak Aceh Singkil

pulau berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, tepatnya di ujung sebelah barat Pulau Sumatera.

Pulau Banyak akan memberikan pesona wisata yang tak akan terlupakan oleh Anda. Bagaimana, Anda tertarik mengikuti Paket Wisata Pulau Banyak?

Bagi Anda yang tertarik dengan Paket Wisata Pulau Banyak, kami membuka Open Trip khusus untuk Anda.

Hasil gambar untuk pulau banyak aceh

Kepulauan Banyak (Banjak) merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Ibu kota kecamatannya terdapat di Pulau Balai yang sekaligus merupakan nadi perekonomian dari Kepulauan Banyak karena di sanalah transaksi ekonomi antar penduduk berlangsung dan mempunyai fasilitas lengkap di banding pulau-pulau lainnya di Kepulauan Banyak

Kepulauan Banyak sendiri berada pada koordinat 97°3’40″ BT – 97°27’58″ BT dan 1°58’25″ LU – 2°22’25″ LU. Kepulauan ini memiliki luas daratan 135 km2 dan laut seluas 200.000.

Kepulauan Banyak meliputi pulau-pulau besar dan kecil dimana pulau terbesarnya adalah Pulau Tuangku, Pulau Bangkaru, Pulau Ujung Batu dan Pulau Palambak besar.

Hasil gambar untuk pulau banyak aceh

Pulau Banyak dibagi dalam dua kecamatan, yaitu: Kecamatan Pulau banyak, terdiri dari 3 desa yaitu desa Pulau Balai, Pulau Baguk dan Teluk Nibung.

Kedua adalah Kecamatan Pulau Banyak Darat, terdiri dari 4 desa yaitu desa Haloban, Asantola, Ujung Sialit dan Suka Makmur.

Terdapat 3 bahasa yang dituturkan di kepulauan ini, yaitu: bahasa Aneuk Jamee, bahasa Holoban, dan bahasa Nias. Bahasa Aneuk Jamee dituturkan suku Aneuk Jamee.

Selain itu, bahasa ini adalah lingua franca bagi ketiga etnis di kepulauan ini selain Bahasa indonesia. Bahasa Haloban dituturkan oleh suku Haloban sedangkan bahasa Nias dituturkan oleh suku Nias.

Kepulauan Banyak merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang sangat memesona.

Hasil gambar untuk pulau banyak aceh

Sebagai daerah kepulauan, tentu saja memiliki laut yang cukup luas juga pantai yang panjang dan indah. Pasir putihnya lebih lembut, sering memanjakan wisatawan agar betah berlama-lama menghabiskan liburannya.

Lambaian daun-daun kelapa yang rindang semakin memperindah suasana tamasya dengan pemandangan alam pantai tropis.

Menikmati keindahan keanekaragaman hayati terumbu karang dilakukan dengan dua cara.

Pertama, pada bagian perairan dangkal dengan menggunakan perahu yang lantainya atau bagian dinding bawah perahu itu terdiri atas gelas kaca tembus pandang.

Dengan demikian penumpang perahu dapat melihat apa- apa yang ada dibawah perahu.

Kedua, dengan menggunakan perlengkapan menyelam khususnya untuk tempat- tempat yang dalam yang tidak mungkin dapat dilihat dengan perahu yang lantainya tembus pandang yaitu peralatan Scuba Diving.

Laut Pulau Banyak menyajikan pemandangan alam. Keunikan laut berupa terumbu karang dengan flora dan fauna laut yang khas yaitu tumbuhan laut dan ikan- ikan karang yang beraneka ragam warna dan berbagai ukuran.

Beberapa areal pariwisata di daerah ini adalah Pantai Pulau Tailana, Rago- rago, Matahari, Pabisi dan Sikandang.

Hasil gambar untuk pulau banyak aceh

Kebanyakan di daerah ini merupakan tempat yang indah dengan pantai yang berkarang dan airnya yang jernih, sehingga karang- karang yang berada pada kedalaman lebih dari 3 meter terlihat jelas dari atas perahu.

Penjelajahan dapat dilakukan di pulau Tuangku. Penjelajahan ini berupa Treking yaitu berjalan kaki menyelusuri hamparan hutan sambil menikmati keindahannya.

Perjalanan dapat dimulai dari Kampong Haloban dan disepanjang perjalanan wisatawan dapat melihat Kancil, Beo Nias, Tupai, Babi Hutan dan Kupu- kupu beraneka warna. Juga terdapat Goa Kelelawar dan Goa Sarang Burung Walet.

Hutan Pulau Tuangku sangat menarik dan masih tergolong utuh. Buaya Muara (Crocodylus Porosus) terkadang muncul di perairan sungai di pedalaman hutan Pulau Tuangku, ukurannya yang sangat besar jarang dijumpai di tempat lain.

Akses paling mudah menuju Pulau Banyak adalah dari Kota Singkil ibukota Aceh Singkil.

Transportasi menuju Pulau Banyak dilayari oleh boat reguler setiap hari Senin, Kamis dan Jum’at. Selain itu calon penumpang juga dapat menyewa/rental kapal atau speed boat.

Gambar terkait

Untuk Menuju Dan Menikmati Keindahan Gugusan Pulau Banyak,Sebaiknya Anda Berangkat Maret hingga Agustus adalah saat terbaik untuk mengunjungi Pulau Banyak.

Pada bulan ini cuaca cerah dan laut tenang dan waktu terbaik untuk island hoping, kayaking dan snorkling.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *