Haji Uma Imbau Warga Aceh tak Mudah Percaya Penelepon Mengaku Abu Saba Minta Uang

LHOKSUKON – H Sudirman alias Haji Uma anggota DPD RI asal Aceh mengimbau warga tidak mudah percaya dengan penelpon yang mengaku Abu Saba (Ketua Grup Kesatuan Aneuk Nanggroe Aceh (KANA) di Malaysia untuk meminta uang dengan alasan untuk biaya pemulangan TKI Aceh yang meninggal di Malaysia.

Imbauan itu disampaikan Haji Uma terkait ada pria yang mengaku Abu Saba meminta uang pada keluarga Junaidi TKI asal Aceh yang meninggal, Selasa (17/42018) di Malaysia karena mengalami kecelakaan kerja.

Penelpon tersebut hendak memanfaatkan kejadian itu untuk mencari keuntungan pribadi dengan cara menghubungi keluarga korban di Aceh Timur.

“Padahal Abu Saba tidak pernah menghubungi keluarga korban, apalagi untuk meminta uang. Begitu juga selama ini, Abu Saba ketika membantu mengurusi pemulangan atau persoalan yang dihadapi TKI Aceh di Malaysia, tak pernah meminta uang kepada keluarga di Aceh. Karena Abu Saba selama ini berkomunikasi dengan saya ketika ada persoalan,” kata Haji Uma kepada Serambinews.com kemarin.

Penelpon tersebut meminta uang Rp 18 juta. Lalu ada penelpon lain meminta uang Rp 15 juta pada keluarga korban dan meminta dikirim ke rekenin BNI. Penelpon tersebut juga meminta uang untuk isi pulsa, dengan alasan pulsa yang ada handphonenya sudah habis digunakan untuk mengurusi pemulangan jenazah tersebut.

“Tadi sore saya dihubungi seorang anggota DPRA asal Aceh Timur mengabari hal tersebut lagi,” katanya.

Karena itu Haji Uma kembali mengingatkan supaya tidah mudah percaya bila ada penelpon yang mengaku Abu Saba atau siapapun yang meminta uang untuk pemulangan jenazah Junaidi.

“Untuk biaya pemulangan Junaidi sudah ada donatur yang sudah membantu,” kata Haji Uma.

Donatur tersebut Vihara Yayasan Murni Sakti Idi Rayeuk, Aceh Timur. Haji Uma berharap kepada petugas supaya menangkap pelaku atas unsur penipuan dan percobaan pemerarasan, sehingga menjadi pelajaran bagi pelaku juga bagi orang lain.

“Untuk jenazah almarhum masih disemayamkan di Hospital Kuala Lipis Pahang dalam proses untuk mengetahui penyebab meninggal. Kemungkinan jenazah bisa diberangkatkan 20 April dengan bantuan donatur tersebut,” pungkas Haji Uma. (*)

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Haji Uma Imbau Warga Aceh tak Mudah Percaya Penelepon Mengaku Abu Saba Minta Uang,
Penulis: Jafaruddin
Editor: Yusmadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *