Tips Menjadi TKI sukses dan Kaya

Lapangan kerja sampai saat ini masih susah karena terlalu banyaknya pencari kerja dibanding dengan lowongan kerja yang tersedia,salah satu solusinya kita harus bisa menciptakan lapangan kerja sendiri dan mungkin bisa juga mengajak orang lain kerja dengan kita,namun…salah satu kendalanya bagi saya pribadi mungkin bagi anda juga yaitu masalah modal.Karena itu banyak orang yang nekad menjadi TKI untuk mencari modal guna memulai usaha mandiri tapi banyak juga TKI yang hanya bisa kembali modal saja waktu pulang kampung,artinya dia tidak bisa membawa modal yang sadah ia targetkan.

Dari itu aku merasa prihatin juga sebagai sesama TKI ingin rasanya membantu sedikit tips semoga bisa memberi manfa’at bagi para TKI ataupun siapa saja yang berkeinginan menjadi TKI.Wah jadi ngelantur nih..mana tipsnya?Ohya lupa tolong baca baik-baik dan difahami ya.

1.Betulkan niat kita apa sebenarnya tujuan kita keluar negri.

Mengutip dari hadits nabi SAW yang artinya:
“Sesungguhnya setiap amal perbuatan itu tergantung pada niatnya.”
Semua perbuatan manusia akan dinilai oleh Allah swt sesuia dengan niatnya,ketentuan mendapat pahala atau sia-sia,bahkan mungkin bisa mendatangkan dosa terpulang kepada niat sipelaku.Dengan kata lain niat bisa juga menjadi kekuatan yang mendorong seseorang untuk bekerja lebih gigih dan bersemangat sehingga mampu melahirkan preatasi yang luar biasa,untuk itu betulkan lagi niat anda pergi keluar negri agar tidak menyesal dikemudian hari.Gimana paham apa yang aku maksudkan?Kalau gak faham baca lagi deh,jangan di teruskan dulu,kalau faham kita lanjut…

2.Bagaimana mengatur gaji,

Sobat mungkin berfikir uang gaji yang setiap bulan sobat terima itu adalah Uangku mahu aku belikan apapun itu terserah akulah…yang penting enjoy,aku suka and I’m happy.Memang betul itu memang kenyataanya,namun saya sarankan sobat atur sedemikian rupa gaji setiap bulan yang diterima buat rencana dan hitung perbelanjaan anda,jangan biarkan uang mengalir tanpa tahu kemana arahnya Ingat niat sobat keluar negri karena itu mengatur uang gaji adalah WAJIB dilakukan demi masa depan sobat sendiri, gimana setujuuu…!

3.Uangku disimpan dimana?

Wah,kok pakai nanya segala..uang ya disimpan di dompet lah? betul nggak.
memang betul,duit memang disimpan didompet tapiii kalau uang gaji satu bulan disimpan di dompet semuanya tentu saja resikonya sangat besar bisa hilang, terpakai, dipinjem orang dan lain-lain.

Untuk itu sobat harus paksakan untuk tidak menyimpan uang ditempat yang beresiko tersebut,tetapi simpanlah di Bank yang sobat pilih.Kalau mau simpan uang sobat diBank tempat anda kerja diluar negri boleh saja namun pastikan Bank tersebut tidak mempersulit keluar-masuknya uang sobat.Sebenarnya ada cara yang lebih efektif yaitu membuka rekening Bank diIndonesia dan setiap bulan anda bisa menabung dengan cara transfer dari bank diluar negri tempat sobat kerja.

PENTING…!!!

#.Ketika sobat menyimpan uang di Bank,pastikan bahwa simpanan itu atas nama anda sendiri bukan nama orang lain.
#.Jika sobat minta tolong dibelikan sesuatu diIndonesia seperti Rumah,sawah,kendaraan,ataupun binatang ternak pastikan semua itujelas atas nama anda(milik anda).
#.Jangan ragu untuk menegaskan kepemilikan,ini untuk menghindari persengketaan dikemudian hari walaupun terhadap keluarga sendiri.

4.Apa keperluanku?

Ini pertanyaan yang harus sobat selalu ingat kalau ingin sukses diluarnegri.Mengatur keuangan berkaitan erat dengan mengatur pola hidup anda,jika anda tidak mampu mengatur kehidupan diperantauan rasanya sangat sulit untuk mengatur keuangan anda.
Kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan oleh para TKI/TKW antara lain:

-.Jalan-jalan tidak ada tujuan. meskipun ini mungkin dilakukan saat libur aja,misalnya pergi kepasar-pasar,mall,bioskop,apalagi mengunjungi tempat-tempat karaoke,diskotik,pub danlainsebagainya adalah sikap negatif dan pembaziran.Memang anda memerlukan hiburan,refresing agar tidak jenuh dinegri orang,tetapi pilihlah yang bermanfa’at dan yang penting tidak banyak mengeluarkan biaya.Jangan sekedar jalan-jalan saja(cucimata,happy-happy,berpacaran dsb),tetapi carilah hiburan yang ada manfa’atnya dan tujuan yang positif,oke!

-.Telepon yang berlebihan. sebenarnya ini adalah penyakit menular yang cepat merebak dikalangan para perantau,karena merasa punya uang banyak hingga mengoleksi berbagai macam type hanphone yang baru ngetrend,itu semua untuk gaya,gengsi dll.
Menelepon keluarga,temen,pacar sekalipun hendaknya ada batasnya,jangan hanya mengikutkan perasaan aja jangan sia-siakan jerih payah anda kerja hanya untuk telepon,buat target maksimal berapa…anda harus dipakai telepon dalam sebulan,kalau mau bercerita panjang lebar tuggu sampai ada waktu liburan/cuti kekampung halaman dan ceritakan sepuas-puasnya apa yang anda alami diluarnegri.

-.belanja yang berlebihan
-.Makan yang enak-enak
-.Berjudi dan minum arak

-.pergaulan bebas. ini masalah yang sering timbul dikalangan para perantau mereka lupa dimana mereka berada jangan memalukan bangsa sendiri di negri orang.Sadarlah yang sudah beristri ingat istri dikampung yang setia menunggu kedatangan suaminya,ataupun yang masih bujang/gadis jangan lupa untuk menjaga nama baik orang tua,kasihan mereka yang selalu berdo’a untuk anaknya agar bisa berhasil diperantauan.

5.Hemat,Tirakat dan Prihatin.

Sekali lagi ingat apa niat dan tujuan anda keluar negri,berhematlah untuk mengeluarkan uang untuk keperluan harian,termasuk untuk hiburan,membeli apa yang diperlukan,Saran saya pastikan target pengeluaran anda tidak melebihi 40% dari gaji anda tiap bulan.Ingat satu pepatah:

Berakit-rakit kehulu
berenang-renang ketepian
Bersakit-sakit dahulu
bersenang-senang kemudian

Agar terlaksana dengan baik program diatas,sekali lagi jangan malas untuk mencatat secara sederhana atau mirip pembukuan akuntansi.Karena itu akan membantu anda mengatur,mengoreksi,dan mengevaluasi pengeluaran uang anda,baik kebelakang atau kedepan nantinya.

Wah lumayan panjang ya…tapi ini belum habis lho,baiklah nanti disambung lagi ya.Mudah-mudahan ini bisa menjadi referensi buat sobat.

Makasih ya atas waktunya membaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *