9 Bandit Narkoba Diciduk, 2 Tewas

MEDAN – Tim gabungan menangkap sembilan anggota sindikat narkoba internasional yang memiliki wilayah edar Aceh-Sumatera Utara (Sumut). Selain menyita barang bukti 44,7 kilogram sabu-sabu dan 58 ribu butir pil ekstasi, dua pelaku tewas terkena tembakan petugas.

Tim gabungan ini terdiri personel Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat, kepolisian dari Aceh dan Sumut serta Bea Cukai Sumatera Utara. Seluruh tersangka ditangkap dari delapan lokasi terpisah melalui operasi yang berlangsung empat hari.

Dua tersangka, Mohtar Nusalelu (46) dan Murtala (33) tewas dalam penyergapan. Sementara tujuh tersangka lainnya, Khaerun Amri (27), Andy Syahputra (19), Rendy Prayoga (26), Mukhlis (31), Zulkifli alias Dun (40), Rizal Syahputra (26) dan Denni Saputra (27) sudah diboyong ke BNNP Sumut untuk diperiksa.

Kepala BNN Pusat, Irjen Heru Winarko menjelaskan, kasus ini bermula dari penangkapan Khaerun Amri di Jalan Raya Tanjungpura, Kebunlada, Kecamatan Hinai, Langkat, Rabu (28/3).

Petugas awalnya hanya menyita dua bungkus berisi sabu-sabu 1.077,8 gram. Belakangan setelah dilakukan pengembangan, barang bukti lain ditemukan di kediamannya Perumahan Taman Anggrek, Jalan Flamboyan Raya, Medan. Kali ini sabu-sabu sebanyak 15 kilogram dan 58 ribu butir ekstasi.

“Tentu pengusutan tidak berhenti. Kami terus mengembangkan hingga diketahui ada anggota sindikat lainnya,” kata Heru di Kantor BNNP Sumut, Senin (2/4).

Secara beruntun kemudian petugas menangkap satu per satu anggota sindikat peredaran narkoba lintas negara ini. Namun keterlibatan warga Aceh terungkap setelah petugas meringkus Zulkifli alias Dun saat berada di jembatan Kampunglalang, Sunggal. Zulkifli yang berasal dari Aceh mengaku ada dua temannya sesama warga Aceh yang terlibat dalam kasus ini. “Berdasarkan informasi ini kami langsung berkoordinasi dengan aparat di Banda Aceh,” lanjut dia.

Alhasil, dua pelaku, Murtala (33) dan Rizal Saputra (26) ditangkap di Jalan Rama Setia, Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh. Namun dalam pengembangan, di Jalan Soekarno Hatta, Murtala mencoba kabur dengan cara membuka pintu mobil yang tengah melaju.Tembakan yang dilepaskan petugas tepat mengenai pelaku hingga akhirnya meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

Tim terus bergerak dengan menangkap Deni Saputra (27) di rumahnya, Dusun Melati, Desa Biara Barat, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, Sabtu (31/3). Petugas menemukan barang bukti tujuh kilogram sabu-sabu.

Kembali diingatkannya kalau bandit narkoba internasional memang kerap menjadikan Aceh dan Sumut sebagai titik masuk berbagai jenis barang haram. Makanya belakangan ini BNN mulai aktif melibatkan bea dan cukai bandara dan pelabuhan untuk meningkatkan pemeriksaan terhadap barang yang masuk dari luar negeri. “Operasi ini telah menyelamatkan 281 ribu warga Indonesia dari bahaya narkoba,” demikian Irjen Heru Winarko. (md)

 

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul 9 Bandit Narkoba Diciduk, 2 Tewas, http://aceh.tribunnews.com/2018/04/03/9-bandit-narkoba-diciduk-2-tewas. Editor: bakri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *