Makanan Unik Khas Dari Aceh Yang Wajib Kalian Coba

Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku dan budaya, menjadikannya memiliki banyak juga makanan dari tiap daerahnya. Sama halnya di Aceh, ada banyak sekali makanan khas yang berasal dari Aceh, yang mungkin saja belum pernah kamu ketahui. Jika kamu datang berkunjung ke Aceh, jangan sampai lupa untuk mencoba mencicipi makanan makanan khas Aceh berikut ini ya. dan inilah beberapa makanan khas Aceh yang wajib kalian coba

1. Timphan

Seperti yang di lansir dari resepdanmasakan.com, kue yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang ini dibuat dengan beberapa tahap pembuatan dimana pembuatannya terbagi kedalam dua bagian. yaitu yang pertama membuat kulit Timphan yang kemudian bagian yang kedua yaitu pembuatan bahan isi dari kue timphan tersebut. adapun bahan isi yang biasa terdapat dalam sajian kue Timphan ini yaitu tepung terigu, kelapa muda, telur ayam dan lain sebagainya.

2. Kue bhoi

Kue adalah kue tradisional khas Aceh. Kue yang wajib dibawa saat pesta perkawinan sebagai seserahan. kue bhoi banyak ditemui di pasar dan toko-toko di Aceh. kue bhoi memiliki tekstur bagian luar kering, namun cukup lembut di bagian dalam. rasanya manis namun tak berlebihan.

3. Keukarah

Seperti di lansir dari indonesiakaya.com, keukarah adalah kue kering yang memiliki rasa manis dan renyah. Sepintas, tampilan fisik keukarah seperti jaring berwarna putih kecokelatan yang berlapis-lapis. bentuknya sekilas mirip dengan bongkahan bihun kering, karena memang terbuat dari bahan yang sama dengan bihun, yaitu tepung beras. Hanya saja, keukarah berwarna lebih gelap, dengan aroma khas karamel, yang muncul dari gula pasir yang ditambahkan dalam adonan. paduan dari kedua bahan tersebut membuat kue kering ini memiliki tekstur yang renyah dan bercita rasa manis.

4. Kue seupet

Kueh seupet merupakan kue khas Aceh. Kue ini biasanya disajikan untuk menjamu tamu saat lebaran. warga Aceh Besar menyebutnya dengan nama “spet kuet”. beberapa daerah lainnya di Aceh menyebutnya “kueh seupet”. artinya, kue yang dijepit. kueh ini dibuat dengan cara dijepit dua cetakan lempeng besi. bentuk kue beragam. setelah dibakar, saat masih panas, kue dibentuk menjadi segitiga, bulat atau digulung. warnanya juga bervariasi. bisa putih, kekuningan, atau sedikit kecoklatan, tergantung lamanya waktu membakar kue. rasa kueh seupet ini renyah dan lemak.

Itulah beberapa makanan khas Aceh, yang wajib kalian coba ketika kalian berkunjung ke Aceh, versi penulis. jika menurut kalian ada makanan khas Aceh lainnya yang wajib di coba, silahkan komen di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *